//
you're reading...
cafe & resto

Minum Kopi Bisa Bikin Langsing?

Jakarta – Anda hobi menyeruput secangkir espresso di coffee shop favorit Anda? Atau selalu memesan café latte, frapuccino atau mochaciato? Jika kebetulan awal tahun ini Anda mulai mencanangkan program penurunan berat badan, berhati-hatilah dengan kopi yang Anda pesan dan sukai. Salah-salah tubuh jadi melar gara-gara secangkir kopi!

Menurut lagenda, pada abad ke-9, seorang pengembala kambing Ethopia bernama Kaldi terlihat senang saat melihat kambingnya berloncatan kesana-kemari setelah memakan bebijian. Kaldi mencicipi biji-bijian tersebut dan buzz…lahirlah kafein.

Saat ini Kaldi pastilah akan senang melihat berbagai toko khusus menjual kopi bertebaran dan muncul di setiap sudut Amerika. Kopi adalah komoditas perdagangan terbesar kedua di dunia – setelah minyak, menurut justaboutcoffee.com. Di Amerika, coffee shop seperti Starbucks, Caribou, Tim Horton’s dan Coffee Beanery menjadi makmur dengan memuaskan budaya ngopi bagi para pecandu kopi.

Segelas kopi standar berukuran sedang memiliki sekitar 10 kalori dan 0 gram gula. Tetapi rata-rata secangkir kopi telah mengalami melalui banyak perubahan. Jika kopi Jawa tidak cukup untuk membuat duduk gelisah berjam-jam, latte, espresso, café mochas dan cappuccinos – disajikan dengan susu, krim, lemak, tambahan gula dan sirup – dapat mengguncangkan tubuh Anda dengan gula dan kalori. Jumlah kalori yang nyaris sama dengan seporsi fast food yang besar.

Sebuah studi menganalisa tingkat konsumsi pada coffee shop dari 165 wanita yang kuliah di Simmons College di Boston. Diketahui mereka yang minum di coffee shop setiap harinya memiliki peningkatan kalori rata-rata sebanyak 206 kalori dan 32 gram gula dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum kopi. Kelebihan 206 kalori per hari tersebut dapat meningkatkan berat badan hingga 11,5 kilogram per tahun.

Kenyataannya, meminum kopi tertentu dapat membuat Anda menjadi lebih gemuk dibandingkan memakan Big Mac dari McDonald’s. Jika Anda pikir meminum Tazo Green Tea Frappucino Blended Crème whip adalah ide yang baik karena mengandung green tea, maka pikirkanlah lagi. Tazo Green Tea akan mengurangi 550kalori dan 76 gram gula, sekitar 19 sendok teh. Hanya dengan 540 kalori, Anda bisa menyantap sandwich dari Mickey D’s dengan kalori yang lebih rendah.

Untuk menempatkan Anda melalui sudut pandang ini, marilah kita mencoba sebuah eksperimen, “Apakah Anda menginginkan kopi dengan gula?” Ambillah 19 sendok teh gula dan masukkan ke dalam gelas ukuran. Tuangkan gula tersebut ke dalam gelas favorit Anda dan tambahkanlah dengan kopi. Lakukan dengan tepat. Anda akan mendapatkan 1/4 gelas kopi yang menyerap 3/4 gelas gula.

Mungkin Anda cemas dengan urusan berat badan, namun tak perlu khawatir menikmati secangkir kopi seperti Anda menikmati sepotong chocolate cake atau hot fudge sundae. Kopi adalah sebuah dessert baru, bukan sesuatu yang harus Anda konsumsi setiap hari. Jadi, nikmatilah dalam ukuran yang wajar.

Tetapi jika Anda tidak dapat mengurangi atau menghentikan kebiasaan minum kopi. Berikut ini beberapa perubahan yang dapat dibuat untuk memuaskan selera Anda tanpa membuat gemuk.

1. Kopi bukanlah sesuatu yang membuat Anda gemuk, melainkan segala sesuatu yang ditambahkan kedalamnya yang menjadi penyebab. Dan jika Anda mengontrol berapa banyak tambahan yang Anda masukkan ke dalamnya, Anda memiliki kesempatan baik untuk tetap mengontrol ukuran dalam jeans Anda. Jadi, pesanlah secangkir black coffee, mintalah tambahan lain pada tempat terpisah dan takarlah sendiri.

2. Sesendok makan sirup cokelat (50 kalori), misalnya akan terasa dilidah dengan 1/4 cangkir – atau 16 sendok teh (800 kalori) – yang merupakan isi dari sebagian besar kopi. Masih lebih baik, jenis sirup cokelat yang lebih ringan akan memberikan setengah kalori dari biasa.

3. Jika Anda harus memesan minuman tertentu, pesanlah minuman yang terbuat dari susu, seperti cappuccino atau latte (260 kalori). Minuman yang memuaskan dengan lebih sedikit tambahan gula dan kalori yaitu sekitar 400 kalori frappucino dengan ukuran yang sama. Gunakan skim milk daripada krim atau susu. Ini akan mengurangi sekitar 50 kalori, tergantung dari banyaknya yang Anda minum.

4. Tetapi berhati-hatilah dengan penyangkalan seperti ini yang ditemukan di Starbuck website: “Item yang ditampilkan dalam huruf miring tidak berbasis susu dan/atau tidak tergantung pada jenis susu. Item tidak akan terpengaruh dengan jenis susu yang dipilih.” Artinya: Jika minuman favorit adalah tercetak miring, Anda akan mendapatkan jumlah kalori yang sama tanpa peduli jenis susu yang Anda pilih.

5. Untuk mengurangi sekitar 100 kalori dan 10 gram lemak, cukup katakan ‘tidak’ untuk topping whipped cream.

6. Kurangi konsumsi kopi untuk mencegah bertambahnya berat badan, jadi pesanlah kopi dengan ukuran kecil. Sebagai contoh, sekitar 240 ml kopi moca memiliki 200 kalori dan 11 gram lemak. Anda tidak perlu menjadi seorang ahli matematika untuk mengetahui bahwa jika Anda menggandakan ukuran kopi yang dipesan, berarti kalori dan lemaknya juga akan jadi dua kali lipat. Dengan 600 ml Anda memiliki 490 kalori dan 26 gram lemak.

7. Mendidik diri sendiri. Jika Anda tidak bisa membaca label pada coffee shops favorit Anda untuk melihat apa kandungannya, banyak coffee shops saat ini menawarkan tabel nutrisi minuman mereka di website mereka.

Sumber : detikfood
Lihat juga :
The Cafe
Coffebean

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2010
S S R K J S M
    Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

%d blogger menyukai ini: