//
you're reading...
cafe & resto, Kuliner Nusantara

juice blande dan juice betawi, Cuma ada di Kafe Betawi

Sekarang mungkin lagi trennya tempat makan yang unik, khas tradisional ya, walaupun tidak bertema tempo doloe banget. Tempat makan yang baru buka akhir September 2008 di Mall Kelapa Gading I di lantai dasar ini menganut tradisonal Betawi. Dulunya tempat makan ini ditempati Popeye Fast Food. Nuansa interiornya lebih moderen dan putih dengan pernak-pernik betawi seperti lampunya, ukiran-ukiran dindingnya, pelayannya pun pakai baju tradisional seperti kebaya dan baju koko.

Tempat makanya sepertinya dibagi 3 tempat, yang satu paling depan seperti teras rumah, dengan kursi-kursi dari kayu. Lalu ke tengah seperti bagian dalam rumah, terdapat sofa-sofa, majalah, dan kasir. Yang terakhir seperti teras belakang rumah atau kebun belakang dilengkapi dengan kaca disekelilingnya jadi kelihatan lebih luas.

Sayangnya tidak ada keterangan non smoking room atau perbedaan tempat mana yang smoking room mana yang bukan. , jadi harus pindah-pindah tempat neh…. Waktu pertama juga gak ada pelayan yang datang menghampiri dan menanyakan smoking atau tidak.


Setelah menetap di tempat duduk di tengah ruang, setelah disadari ternyata di tiap meja tidak ada sendok garpu, cabe atau saos, dan pernak pernik makan lainnya. Yang ada hanya beberapa meja diberikan lilin kecil. Jadi cukup merepotkan juga minta ke Pelayan untuk diambilkan dan butuh waktu juga. Tapi kalao sendok garpu otomatis dikasih setelah pesan makanan.


Saatnya lihat-lihat menu-menunya. Namanya juga Kafe Betawi pasti ada masakan tradisional Betawi dong… Nama-nama menunya ada berunsur-unsur betawi juga. Menunya antara lain : soto betawi, soto ayam, soto mie, soto buntut (goreng), soto kambing, nasi uduk (biasa, semur empal, ayam), nasi goreng (ayam,kambing), nasi rawon, ulam (ada empalnya), lontong cap gomeh, laksa betawi, lontong sayur, mie kangkung, ada kerupuk, emping, sate (ayam, kambing), ayam (goreng, presto), perkedel, tahu, tempe, gado-gado, asinan, ketoprak, karedok, rujak ulek, toge goreng, kue rangi, otak-otak, pempek, roti / pisang bakar, bubur ayam.

Kalao minumannya : soft drink susu, kopi (tubruk, susu), sekoteng, wedang jahe, es cincau, doger, kelapa muda, cendol, es campur alias es shanghai, es jeruk, lemon tea, teh botol, soda susu, green sand, air mineral, aneka juice, juice betawi, betawi punch, juice blande, dll.

Lalu kita pesan soto betawi, nasi uduk dengan ayam. Rasa soto betawi berasa kuah gurihnya dan dilengkapi dengan paru yang asinnya cukup. Soto betawi ini tidak dilengkapi dengan nasi jadi pesan dengan nasi putihnya yang diberikan jeruk nipis. Sedangkan untuk nasi uduk, rasa nasi uduknya kurang dan agak pera (mungkin karena tempat duduknya dekat dengan AC). Ayam goreng rasanya enak dan berasa manis sedikit, gurihnya cukup, rasanya seperti ayamnya panggang. Selain nasi uduk dan ayam, dilengkapi dengan tempe orak-arik dan emping, di atas nasi uduk diberikan bawang goreng.

Sedangkan minuman yang kita pesan : juice blande dan juice betawi. Juice blande ini sebenarnya adalah juice terong blande yang rasanya seperti juice jambu tapi lebih asam, warnanya merah muda. Juice betawi isinya tape yang diblend, diberi sirup kelapa dan alpukat serta ada parutan es di atasnya. Juice betawinya enak, bagi yang suka dengan tape.

Pada awal pertama lihat, dan mungkin karena bulannya puasa September 2008, ingin pertama ke Kafe Betawi, tapi penuh. Jadi baru setelah selesai bulan puasa, kami baru bisa dapat tempat duduk, Pengunjungnya tidak terlalu ramai. Namun sayangnya walaupun tidak seramai pada saat pertama kami melihat, pelayanannya cukup lama, terutama penyajian makanannya. Semua pelayan berkumpul di dekat dapur menunggu makanan untuk diantar. Walaupun kami nunggu sekitar 20an menit, lama menunggunya tidak terlalu berasa, karena kami sambil melihat-lihat ada beberapa pengunjung yang lain komplain karena lama menunggu makanannya diberikan he3x…

Range harga makananya sekitar Rp. 4.000 – Rp. 50.000. Yang paling mahal yaitu soto buntut. Untuk minumannya dari Rp. 4.000 – Rp. 17.000. Dan Kafe Betawi ini tidak hanya di MKG, ternyata ada beberapa tempat yaitu di Grand Indonesia, Senayan City, PIM, Megamall Pluit.

Sumber : mousiefood
Lihat juga :
Marzano
Loewy
Table8

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2010
S S R K J S M
    Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

%d blogger menyukai ini: