//
you're reading...
cafe & resto

Kenikmatan Sensai kopi Lanang – Cafe Malangsari

Banyuwangi – Bagi sebagian besar masyarakat memang belum banyak mengenal apa kopi lanang itu yang kini dikembangkan PTP Nusantara XII Perkebunan Malangsari, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain secara fisik memang berbeda, kopi berbentuk tunggal dan bulat itu juga diyakini mampu menambah vitalitas kaum adam.

Salah seorang petugas Cafe Malangsari Kalibaru, Nurhayati, Sabtu, kopi lanang asal Banyuwangi ini merupakan kopi pilihan yang bisa membuat peminumnya merasakan tenaga ekstra.

“Salah satunya tidak membuat mata mengantuk, disamping ada yang bilang bisa menambah vitalitas yang meminumnya,”ujarnya.

Untuk mendapatkan kopi lanang itu, kata dia, melalui proses yang tidak mudah karena untuk mendapatkan biji kopi lanang harus melalui penyortiran biji kopi yang jumlahnya mencapai puluhan ribu biji kopi jenis robusta.

“Bila biji kopi umumnya terbelah dua, namun biji kopi lanang bulat dan tunggal,”Nurhayati menambahkan.

Bagi penikmati kopi, sangat cocok mengkonsumsi kopi lanang ini karena kadar caffeinnya sangat tinggi sehingga tidak mudah mengantuk disamping cita rasa kopinya begitu halus.

Kopi lanang ini sangat cocok dikonsumsi di daerah yang suhu udaranya cukup dingin, seperti di wilayah Kecamatan Kalibaru dan Glenmore yang curah hujan per tahunnya yang mencapai rata – rata 10 tahun sehingga di wilayah tersebut cukup sejuk berkisar antara 22 derajat (minimal) celcius sampai 34 derajat celcius (maksimal).

Menurut salah seorang penikmati kopi lanang, Yudi, warga Kecamatan Genteng, hampir setiap hari ia sempatkan datang ke Cafe Malangsari hanya untuk menikmati kopi lanang. Selain bisa menambah tenaga ekstra, terutama agar tidak mudah mengantuk, juga cita rasanya sangat berbeda dengan rasa kopi pada umumnya.

Apalagi harga secangkir kopi lanang cuma Rp 3.000 per cangkirnya. “Berbeda jika kita ingin minum kopi luwak yang akhir – akhir ini mulai ngetrend sehingga harganya juga cukup mahal,”ujarnya.

Sumber     : antaranews
Lihat juga :
The cafe
Coffee bean
Starbucks

Diskusi

4 thoughts on “Kenikmatan Sensai kopi Lanang – Cafe Malangsari

  1. Mantap…join kopi

    Posted by sangpenjelajahmalam | September 23, 2010, 3:00 am
  2. wah, secara ane juga orang malangsari yang emang suka bangeets ma kopi malangsari. khususnya Kopi Lanang Malangsari. dan secara tidak disangka- sangka, ketika ane membawa 5 pak kopi lanang malangsari dan ana seduh di sebuah cafe di kota Malang. ternyata wahhhh. respon dari temen temen membuat ane tambah bangga jadi orang malangsari. palagi temen kampus ketika sibuk ngerjain tugas komputer dalam membuat program, pasti slalu nanya yang namanya KOPI LANANG MAlANGSARI.

    Posted by ahmad mahfud | September 26, 2010, 12:41 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2010
S S R K J S M
    Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

%d blogger menyukai ini: