//
you're reading...
Uncategorized

Tips Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jakarta – Cuaca yang berubah-ubah akhir-akhir ini menyebabkan kondisi tubuh menurun. Terserang flu, demam, bahkan tifus seringkali terjadi. Ada cara mudah menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dalam kondisi cuaca seperti sekarang ini. Simak infonya di sini!

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat memang wajib dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang prima. Tapi terkadang hal ini masih dirasa kurang, apalagi disaat kondisi cuaca seperti sekarang ini. Cuaca yang berganti-ganti dalam satu hari bisa membuat daya tahan tubuh menurun seketika.

Sebenarnya ada langkah sederhana agar daya tahan tubuh tetap terjaga, selain dengan makan yang teratur dan tentunya makan makanan yang bernutrisi tinggi. Tiga langkah sederhana ini adalah:

1. Cukupi Vitamin D
Ternyata vitamin D tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi saja. Kebutuhan vitamin D yang cukup untuk tubuh ternyata bisa menghindarkan Anda dari segala macam penyakit. Mulai dari flu hingga kanker. Vitamin D alami bisa didapat dari sinar matahari sedangkan dari makanan bisa di dapat dari telur, hati dan ikan, seperti halnya susu dan margarine yang diperkaya dengan vitamin D.

Studi yang dilakukan di Jepang terhadap 300 anak-anak yang telah diberi suplemen vitamin D menunjukkan sekitar 40% tingkat kemungkinan terserang flu lebih kecil. Berdasarkan penelitian,kemungkinan ini bisa didapat karena vitamin D dapat menstimulus sel imun untuk melawan virus dan bakteri.

2. Penuhi Kebutuhan Serat Harian
Mereka yang mengkonsumsi serat larut dalam air dalam enam minggu, ternyata mampu menjaga tubuh dari serangan bakteri dibandingkan mereka yang mengkonsumsi serat yang dikombinasikan. Serat larut dalam air bisa di dapat dari buah-buahan yang berasa asam, apel, wortel, kacang-kacangan,dan juga oatmeal. Kesemua makanan itu dapat mencegah terjadinya peradangan, seperti yang dikatakan Christina Sherry, Ph.D., R.D., peneliti University of Michigan, Ann Arbor. Pastikan tubuh Anda mendapatkan serat sebanyak 25-38 gr setiap harinya.

3. Jaga Bobot Tubuh
Untuk menjaga daya tahan tubuh, selain dapat melalui makanan ternyata bobot tubuh seseorang cukup mempengaruhi. Seperti penelitian yang dilakukan di Tufts University, orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih dianjurkan untuk melakukan diet untuk mengurangi kalori hingga 50%. Ternyata berat tubuh yang ideal membuat daya tahan tubuh bekerja lebih baik dibandingkan mereka yang mengalami obesitas. Jadi ada baiknya mengontrol jumlah makanan yang masuk agar tidak terjadi kelebihan berat badan dan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Sumber     : detikfood
Lihat juga :
nelayan restoran
laguna
the cafe

Diskusi

2 thoughts on “Tips Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  1. istirah yang cukup juga pentingkan sob.. hhe

    salam kenal

    Posted by agusnuramin | September 27, 2010, 8:44 am
    • Hay agus…salam kenal juga dr sy…
      em..bener jg tuch..
      Kalo istirahat yang cukup itu mah memang sudah seharusnya…
      karna kalo makan yang bergizi tapi kurang istirahat ya sama saja…
      heheh… ^ ; ^

      Posted by umaiza | September 28, 2010, 1:49 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2010
S S R K J S M
    Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

%d blogger menyukai ini: