//
you're reading...
Kuliner Nusantara

100 Jenis Makanan di Festival Kuliner Sulawesi Selatan

Makassar – Sekertaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional, Dodi Nandika menilai masakan tradisional Sulawesi Selatan nikmat, kaya rasa, dan kaya gizi.

“Saya sangat surprise setelah mencicipinya. Rasanya enak, kaya akan rasa. Ada asem dan manis. Selain itu sehat,” kata Dodi saat mengunjungi Festival Kuliner Sulawesi Selatan 2010, di di pelataran Baruga Amanagappa Universitas Negeri Makassar, sore ini.

Pada festival ini, lebih dari 100 jenis makanan tradisional yang dipamerkan, mulai dari kue, masakan, minuman, dan hidangan pencuci mulut. Dodi mencicipi beberapa makanan dan kue seperti Barongko, Lammang, dan Bajabu Ikan.

Menurut dia, makanan tradisional menyehatkan karena terbuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan pengawet. Seperti Lammang yang terbuat dari beras merah, dan Bajabu yang terbuat dari ikan segar. Makanan tersebut bertambah segar karena dibungkus bahan alami seperti daun pisang.

Dia berharap makanan tradisional Sulawesi Selatan dapat dikembangkan. “Saya yakin kue Barongko sudah berpuluh-puluh tahun dikenal dan ini adalah warisan budaya lokal,” uacp Dodi.

Rektor UNM Arismunandar mengatakan festival kuliner tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas dan generasi muda akan kekayaan kuliner Sulawesi Selatan. Juga untuk mendorong masyarakat kembali menggemari makanan lokal.

Dia juga mengatakan makanan tradisional Sulawesi Selatan perlu semakin diperkenalkan dan dikomersilkan melalui hotel dan mall. “Kami ingin akan mengupayakan agar kuliner Sulawesi Selatan bisa dikomersilkan di hotel dan di mall,” kata Arismunandar.

Univeritas Negeri Makassar, katanya, akan mengembangkan makanan tradisional khas Sulawesi Selatan dengan mendokumentasikan resep, mengembangkan penelitian kandungan gizinya, serta nilai komersilnya.

Ketua Panitia Festival Nuri Emmyati Arismunandar mengatakan, dalam persiapan festival ini sangat sulit mendapatkan dokumen daftar dan resep kuliner. Karena itu, katanya, perlu adanya pendokumentasian ulang.

Sumber     : tempointeraktif
Lihat juga :
marzano
loewy
table8

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2010
S S R K J S M
    Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

%d blogger menyukai ini: