//
you're reading...
Uncategorized

Tips Membuat Sajian Kopi Lebih Berkelas

Mungkin Anda pernah mencoba membuat sajian kopi bintang lima, tapi hasilnya mengecewakan. Sepertinya sudah mengikuti cara yang benar. Anda heran, bingung, dan mungkin putus asa. Pada Artikel kali ini, saya akan share beberapa point penting dalam membuat sajian kopi yang nikmat. Jika Anda tahu sisi mana yang masih kurang, Anda bisa memperbaiki hal tersebut.

Untuk membuat sajian kopi berkelas yang nikmat, paling tidak diperlukan 3 hal, yaitu: keterampilan (disertai resep yang bermutu), alat, dan kopi yang berkualitas. Masing-masing komponen harus berkualitas, dan saling cocok satu dengan yang lain.


1. Keterampilan

Bagaimanapun juga, untuk membuat berbagai sajian kopi yang nikmat, perlu keterampilan dan resep yang baik. Keterampilan di sini mencakup pengetahuan dalam memilih bahan, skill untuk memakai peralatan, dan memiliki resep resep yang dapat diandalkan.

2. Alat

Anda perlu peralatan dalam membuat sajian kopi yang berkelas. Yang terutama adalah Alat untuk membuat espresso, karena espresso sering menjadi bahan dasar dalam resep-resep sajian kopi. Espresso sendiri bisa dibuat dengan berbagai macam alat. Coffee house biasa menggunakan espresso machine yang cukup mahal. Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba alat sederhana dan murah untuk membuat espresso. Alat ini adalah classic drip. Espresso yang dihasilkan punya cita rasa dan aroma yang baik sekali.

3. Bahan yang berkualitas

Pemilihan bahan akan sangat mempengaruhi cita rasa sajian kopi yang Anda buat. Oleh karenanya, Anda harus menggunakan bahan bahan yang berkualitas. Kopi yang berkualitas tentu menjadi faktor yang mutlak harus Anda perhatikan, mengingat kopi merupakan bahan yang mendasar dalam setiap resep sajian kopi.

Selain kualitas masing-masing komponen, ada hal lain yang sangat penting yaitu kecocokan dan keserasian antara masing-masing komponen.

Kualitas kopi saja tidak cukup jika tidak disertai dengan kecocokan dengan alat dan resep yang dipakai. Sebagai contoh, untuk membuat “coffee latte” misalnya. Anda bisa mendapatkan rasa yang aneh jika memakai jenis kopi yang kurang tepat, meskipun resep, alat dan keterampilannya sudah baik.

Contoh lain, tingkat kehalusan bubuk kopi harus sesuai dengan alat yang dipakai. Kopi untuk classic drip akan berbeda tingkat kehalusannya dengan kopi untuk espresso machine.

Keserasian dan kecocokan antara keterampilan (disertai resep yang bermutu), alat, dan kopi yang berkualitas, merupakan syarat mutlak dalam membuat sajian kopi istimewa yang berkelas. Membuat kopi seperti di coffee house memang tidak mudah. Tapi ada kabar gembira untuk Anda. Kami meluncurkan paket produk yang belum pernah ada di Indonesia. Dengan paket produk ini, keserasian antara skill, alat, dan kopi bisa diperoleh dengan maksimal, karena kami memadukan semuanya untuk kemudahan Anda.

Sumber     : biji-kopi
Lihat juga :
the cafe
coffee bean
starbucks

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2010
S S R K J S M
    Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

%d blogger menyukai ini: