//
you're reading...
Kuliner Nusantara

Ulu Juku, Kuliner yang Maknyus di Makassar

Ketika berkunjung ke makassar, ada berbagai kuliner khas makassar yang bisa anda nikmati. Ada coto, konro, pallu basa dan sop saudara. Namun jika khawatir dengan kuliner tersebut karena kolesterol maka ada baiknya mencoba kuliner yang ini. Ulu Juku…

Ulu juku adalah bahasa makassar untuk kepala ikan. Kuliner ini baru beberapa tahun muncul dan bersaing dengan kuliner lainnya. Mungkin sejak banyaknya ikan kakap yang diekspor keluar negeri dan kepala ikannya ditinggal di makassar. Lalu orang dengan kreatifnya menciptakan kuliner ini. Bagi sebagian orang, kenikmatan kuliner kepala ikan lebih dari bagian ikan yang lainnya.

Kuliner dengan bahan dasar kepala ikan kakap merah dan putih ini tersedia dalam beberapa jenis masakan, pallu mara, Pallu kaloa, sup kepala ikan dan gulai kepala ikan. Dibeberapa warung, sup kepala ikan adalah masakan gulai, jadi harus dicek jangan sampai salah pengertian.

Pallumara adalah masakan ikan berkuah kuning bening. Bumbu utama racikannya adalah kunyit dan asam. asam bisa juga diganti belimbing atau mangga yang diawetkan. Rasanya seperti sup dengan rasa asam yang kuat. Masakan pallumara adalah masakan yang paling umum dijumpai di rumah warga bugis makassar. Orang bugis – makassar hampir setiap hari makan ikan dengan masakan pallumara.

Pallu kaloa adalah masakan ikan berkuah agak kecoklatan. Bumbu utama racikannya adalah rempah yang disebut kaloa. Kaloa sepertinya cuma populer di bugis makassar. Kaloa membuat masakan menjadi lebih gurih. Selain untuk bumbu kuah, kaloa biasa juga digunakan sebagai bumbu untuk lombok. Beberapa warung coto menggunakan kaloa sebagai bumbu racikan lombok.

Masakan Gulai dan sup adalah gulai dan sup sebagaimana biasa. Kuah sup disajikan panas-panas akan terasa segar dengan sentuhan rasa asam. Apa lagi jika racikannya pedas-pedas, keringat bisa bercucuran. Bagi yang Flu bisa langsung sembuh. Masakan Gulai layaknya gulai kambing atau gulai kepala ikan masakan padang, bedanya masakan padang biasanya lebih kental santannya.

Kuliner Ulu Juku ini anda bisa dapatkan dibeberapa tempat di Makassar, ada di jl. Petta Rani, jl. abdullah dg sirua , jl. alauddin dan beberapa tempat yang lain. Dulu pertama kali Ulu juku yang terkenal di jl. Mappanyukki. Harganya sekitar 20 rb sampai 30 rb per porsi. Porsinya porsi makassar, jika dihabiskan bisa sulit berdiri karena kekenyangan.

Bagi pencinta kuliner yang kebetulan mampir di makassar, jangan lewatkan kesempatannya menikmati kuliner yang dijamin maknyuss ini.

Sumber    : wisata.kompasiana
Lihat juga :
nelayan restoran
loewy
table8

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2010
S S R K J S M
    Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

%d blogger menyukai ini: