//
you're reading...
cafe & resto, Kuliner Nusantara

Warung Laos, Restoran Bandung yang Unik

Kalau Anda sedang berbelanja di kawasan Cihampelas Bandung, tak perlu repot mencari restoran Bandung yang menyediakan menu variatif sekaligus unik. Cukup kunjungi Warung Laos yang menyediakan menu Eropa sampai khas Indonesia.

Restoran Bandung bernama “Warung Laos” mungkin terdengar canggung di telinga Anda. Apakah resto tersebut menjual masakan khas Vietnam, atau Warung Laos adalah tempat membeli aneka bumbu dapur seperti laos, ataukah seluruh menu masakannya menambahkan laos? Sayangnya ketiga tebakan itu tidak ada benar. Nama Warung Laos sendiri dipilih semata-mata karena nama yang unik, dan filosofi “setiap makanan mengandung bumbu masak” (seperti laos, RED).

Restoran Bandung yang beroperasi sejak 7 April 1999, didirikan beberapa penggemar golf yang bertemu dalam suatu turnamen di Bogor. Warung Laos sendiri mulanya lebih diperuntukkan sebagai tempat berkumpul sambil melahap makanan, sekaligus ‘sedikit’ membicarakan persoalan bisnis masing-masing. Tak dinanya, Warung Laos yang dibangun dengan arsitektur campuran Eropa klasik dengan furniture kayu khas Bali, hanya menambah keunikan salah satu restoran Bandung ini. Terlebih dengan adanya stick golf raksasa yang merupakan tungku pembakaran pizza berbahan bakar kayu, dan berbagai foto dari salah satu fotografer terkenal Indonesia yang memenuhi dinding.

Pizza Asli Sampai Pizza Peuyeum
Bicara tungku pembuatan pizza, Anda pasti sudah bisa menebak apa jenis makanan yang terdapat di Warung Laos. Ya, Warung Laos memang menyediakan berbagai makanan khas Italia seperti Pizza, Spaghetti, Rizo Di Pollo, dan menu-menu ala Italia lainnya. Pasalnya salah satu owner restoran Bandung yang unik ini pernah mengenyam pendidikan di Italia, dan menjadikan Italian Pizza sebagai menu utama. Wajar bila Anda akan mendapati kulit pizza yang lebih tipis ketimbang pizza umumnya, berkat resep chef yang cukup lama bermukim di Italia.

Tak cuma pizza, restoran Bandung ini juga dikenal lewat menu “Sausage Spiral”. Makanan ini berupa sosis goreng yang dibentuk lingkaran, ditambah dengan bumbu barbeque dan garnish, disajikan bersama kentang goreng. Selain itu, Anda juga bisa mencoba “Calzone” yang ‘nyaris’ menyerupai pastel raksasa. Makanan ini adalah pizza dengan topping yang dilipat di tengah, sehingga berbentuk setengah lingkaran. Tak cukup sampai di situ, Warung Laos juga menawarkan menu “Rizo Di Pollo” yang merupakan ayam, steamed rice, bayam, dan omelette, kemudian ditambahi telur, jamur, serta bahan-bahan lain. Rizo Di Pollo sendiri cocok bagi Anda yang menyenangi masakan berbumbu, karena citra rasa rempah-rempah yang menonjol.

Sedang Anda yang ingin menyantap menu lokal, restoran Bandung Warung Laos juga menyediakan banyak pilihan masakan Indonesia, seperti Nasi Goreng Buntut, Sop Buntut, Tahu Gejrot, dan lain-lain. Namun untuk yang terkahir, Anda jangan membayangkan tahu Gejrot sama seperti bentuk umumnya, karena di Warung Laos penyajiannya tanpa kuah namun diberi bumbu campuran kecap, lime, dan bumbu khas ala Warung Laos yang menjadikan rasanya menjadi unik. Istimewanya, Anda juga bisa membawa bahan-bahan sendiri untuk ditambahkan pada makanan yang dipesan.

Menu makanan unik lain di restoran Bandung ini adalah menu campuran Italia-Sunda, yaitu “Pizza Peuyeum Laos”. Pizza ini merupakan pizza manis yang berisi peuyeum, cheddar cheese, mozarella, kismis, serta selai strawberry.

Mereguk Shirley Temple Atau Membawa Pulang Sambal Laos
Selain menu makanan yang menggugah selera, menu minuman di Warung Laos tak kalah unik. Anda bisa memesan “Shirley Temple” yang bercitra-rasa asam-menyegarkan, bercampur manisnya soft drink, simple syrup, dan lemon. Minuman ini juga dipercantik dengan whip cream dan strawberry yang menambah keinginan Anda menghabiskan isi gelas. Kemudian menu minuman “Eye Opener” yang terdiri dari strawberry, pisang, lemon, dan yoghurt. Sesuai namanya, minuman ini bisa membuat mata kembali melek berkat kesegarannya.

Oya, bagi Anda yang berkunjung ke Warung Laos, jangan lupa untuk mencicipi “Sambal Laos” yang terkenal. Sambal ini biasanya dihidangkan bersama pizza dan calzone, namun banyak pula pengunjung yang sengaja membeli Sambal Laos untuk dibawa pulang karena rasanya yang khas. Uniknya, bahan-bahan pembuatan sambal ini pun “sangat rahasia”, dan tak seorang karyawan pun yang tahu. Kabarnya, sambal ini dibuat langsung oleh salah seorang owner restoran Bandung ini, dan mengirimkan ke Warung Laos dalam bentuk jadi.

Harga Murah yang Digemari Artis
Menu-menu bercitarasa tinggi di restoran Bandung Warung Laos dapat Anda peroleh mulai harga Rp 8.500 sampai Rp 65.000 untuk paket lengkap “One Dish Meal” yang terdiri dari tiga macam makanan. Sementara untuk minuman, Anda cukup merogoh kocek Rp 8.500 sampai Rp 19.500 untuk “Tutti Frutti” yang merupakan campuran buah ditambahi es krim.

Tak cuma murah, Warung Laos juga menerima pesanan untuk dibawa pulang (take away order). Uniknya, kemasan kotak untuk pesanan dari restoran Bandung ini dibuat dari anyaman bambu, sehingga turut mendukung program “Go Green” yang sedang marak di dunia.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Warung Laos sebaiknya memperhatikan jam operasional yang tidak sama setiap harinya. Untuk Senin dan Selasa, restoran Bandung ini buka pukul 18.00-23.00 WIB, sementara pada Rabu dan Kamis pada pukul11.00-23.00 WIB, sedang Jumat sampai Minggu Warung Laos beroperasi pada pukul 11.00-24.00 WIB. Namun jika Anda tidak kebagian tempat karena padatnya pengunjung di malam hari, Anda bisa mencoba cabang restoran Bandung ini di wilayah Dago atas, dekat Dago Golf. Selebihnya, jika Anda datang di waktu yang tepat, mungkin saja Anda duduk bersebelahan meja dengan selebritis seperti Nycta Gina, Vino Bastian, Ade Rai, Titi Kamal, Christian Sugiono, VJ Rianti, sampai Andi Rif yang beberapa kali terlihat di tempat ini.

Sumber     : seindystraveling
Lihat juga :
marzano
loewy
table8

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

%d blogger menyukai ini: