//
you're reading...
cafe & resto

Starbucks Meramaikan Hari Pajak di AS

Tanggal 15 April di Negara Amerika atau negara yang dijuluki sebagai negeri Paman Sam sejak tahun 1955 dikenal sebagai Hari Pajak atau Tax Day, hari terakhir pengurusan pajak perorangan. Proses pengurusan pajak dimulai di minggu terakhir bulan Januari. Secara hukum, semua perusahaan atau instansi harus sudah mengirimkan W2, kartu informasi berapa jumlah gaji yang dipotong sebagai pajak dalam satu tahun ke semua tempat tinggal pegawai atau mantan pegawai mereka. Setelah kartu itu didapat, maka pegawai atau mantan pegawai yang bersangkutan bisa mengisi semua formulir isian pajak. Ada dua formulir yang diisi, untuk negara bagian dan untuk federal. Sama seperti gaji yang dipotong sebagai pajak, dikirim ke negara bagian dan federal. Kalau selama setahun kemarin urusan pajak pendapatan diurusi oleh kantor tempat bekerja, kali ini urusan pajak harus dilakukan sendiri.

Ada dua cara mengurus pajak, mengurus sendiri atau membayar jasa perusahaan-perusahaan pengurusan pajak. Mengurus sendiri adalah pilihan yang terbaik, karena formulir pengisian sangat mudah didapat, booklet informasi cara pengisian bisa diakses dengan mudah dan terakhir tentu saja gratis, karena ngisi sendiri. Sedangkan kalau tidak mau susah, tinggal datang ke biro jasa pengurusan pajak, semua diisi oleh mereka tetapi sangat mahal biayanya.

Kalau W2 berisi informasi berapa pendapatan kita yang dipajak, di formulir isian baik untuk negara bagian ataupun federal terdapat beberapa item yang harus diisi jauh dari urusan jumlah pajak yang sudah kita bayar. Bagi suami istri yang keduanya bekerja, mengisi formulir bersama, semua informasi di W2 itu digabung. Lalu informasi-informasi lain harus diisi, seperti jumlah dan umur anak, ini sangat menentukan hasil hitung-hitungan formulir pajak ini. Bagi anak diberi kredit pajak oleh pemerintah, semacam bantuan nutupi biaya ngurus anak selama tahun lalu. Kalau punya anak apalagi anak-anak maka kemungkinan besar hasil penghitungan pajak akan mendapat return dalam jumlah yang sangat besar

Juga kalau ada pajak lain diluar pajak pendapatan yang dibayar tahun lalu seperti pajak property, biasanya rumah, dikasih kredit pajak. Punya tabungan saving dan investasi hari tua juga dihadiahi pemerintah kredit pajak, sebagai perangsang untuk investasi. Pengeluaran untuk charity juga bisa diklaim sehingga akan mendapat kembalian walau tidak utuh tentu saja. Masih ada beberapa point isian lagi di formulir pengisian pajak tersebut termasuk program stimulus dalam perumahan. Bagi pembeli rumah pertama atau kedua tahun lalu, pemerintah memberikan perangsang dalam jumlah yang cukup besar yang bisa diklaim dalam pengisian pajak tahun ini. Lumayan untuk membantu membayar segala biaya punya rumah baru sekaligus membantu menggerakkan sektor perumahan.

Bagaimana rakyat Amerika memandang pajak? Menurut survey CNN yang baru dirilis hari ini, 74% rakyat menganggap pajak mereka dihambur-hamburkan oleh pemerintah, 23% berpendapat pemerintah salah sasaran atau salah dalam memakai pajak mereka dan hanya 3 persen yang beranggapan hanya sedikit uang pajak yang dihambur-hamburkan oleh pemerintah. Sedangkan dalam hal sistem pemungutan pajak, 49 % merasa adil dengan sistem sekarang sedangkan 50% lagi mengatakan tidak adil.

Sistem yang digunakan adalah Internal Revenue Service (IRS), kantor pajak Amerika selalu fair dalam proses pengisian pajak. petugas IRS sangat professional dan jujur dalam membantu setiap pembayar pajak yang melaksanakan kewajiban mereka. Untuk soal ini, bolehlah diacungi dua jempol alias two thumbs up, sudah urusannya tidak berbelit-belit, formulir isian dan juga informasi tersedia, tidak dikenai biaya apapun dikoreksi lagi.

Dari pagi sampai sore hari adalah Tax Day di sini. Untuk meramaikan hari nasional tak resmi ini Starbucks di Denver Area memberi kopi gratis sepanjang hari. Cukup membawa cangkir atau coffee cup sendiri ke semua counter mereka bisa menikmati kopi gratis, lumayan buat penggemar kopi. Ini sekaligus juga bagian dari program Starbucks untuk menggalakkan pemakaian reusable coffee cup dan mengurangi pemakaian paper cup. Kalau Starbucks mengadakan ini setiap Tax Day bisa-bisa Tax Day berarti juga Starbucks Day. Bayar pajak sambil ingat kopi gratis Starbucks, hehe…

Salam pajak…
Sudahkah anda membayar pajak????

(Sadur : sosbud.kompasiana)
Coffee bean, loewy, nelayan restoran

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

%d blogger menyukai ini: