//
you're reading...
Kuliner Nusantara

Makanan Tradisional Kaya Akan Rempah dan Baik untuk Tubuh

Doyan gulai, kari, soto atau makanan tradisional lainnya? yang sudah kita ketahui bahwa makanan tradisional bukan hanya sedap dan enak tetapi juga membawa khasiat bagi tubuh kita. Tidak hanya menikmati kelezatannya tetapi begitu banyak manfaatnya bagi tubuh.
Makanan tradisional nusantara dan makanan Asia memliki kaya akan rempah. Baik rempah segar maupun rempah kering seperti jahe, kapulaga, jintan, cengkih, kayu manis, dan lainnya banyak khasiatnya untuk tubuh.
Rempah-rempah yang tidak hanya membuat aroma makanan jadi wangi dan rasa masakan menjadi lebih enak, tapi juga membuat badan menjadi lebih sehat. Mengapa demikian? Karena ternyata di setiap rempah-rempah yang digunakan memiliki khasiat atau manfaat untuk tubuh, misalnya :
Cabai Bubuk
Cabai bubuk memang pedas rasanya, meskipun begitu bubuk cabai bisa mengurangi rasa nyeri. Karena kandungan capsaicin pada bubuk cabai yang berfungsi sebagai anti-peradangan pada persendian.
Kayu Manis
Kayu manis membantu Anda terhindar dari penyakit diabetes dan jantung. Sebuah studi di India menemukan bahwa dengan mengkonsumsi setengah sendok teh kayu manis ke dalam minuman atau masakan bisa menurunkan kadar gula dalam darah, kolesterol, dan trigliserida.
Bawang Putih
Meskipun aroma yang dihasilkan sesudah memakannya kadang tidak sedap, namun bawang putih ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bawang putih segar yang dikonsumsi setiap hari bisa menurunkan kolesterol hingga 10%.
Cengkih
Minyak cengkih dikenal sebagai obat sakit gigi yang ampuh, dan juga sebagai antiseptik yang membuat nafas segar. Minyak cengkih mengandung eugenol yang berfungsi sebagai anti-peradangan dan juga membantu menghilangkan nyeri yang terkait dengan arthritis. Cengkih memberikan efek hangat yang bisa membuat tubuh lebih santai dan menghindari tubuh terserang masuk angin.
Jahe
Bumbu dapur yang satu ini hampir selalu hadir di setiap jenis masakan. Rasanya pedas dan menghangatkan tubuh. Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan tapi juga sebagai minuman kesehatan. Jahe juga mengandung antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas.
sadur         : detikfood
Lihat juga :
marzano
pizza hut
sandwich

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

%d blogger menyukai ini: